Berlari

Berlari
Berlarilah seperti kuda, semangaaat!

Senin, 28 April 2014

PCMedia AntiVirus (PCMAV)

Virus yang menyerang komputer ibarat penyakit yang menyerang tubuh manusia. Ketika sakit kita memerlukan obat. "Obat" untuk virus yang menyerang komputer adalah antivirus. Salah satunya adalah PCMedia AntiVirus. PCMedia Antivirus adalah salah satu antivirus buatan Indonesia yang cukup populer dan terbukti ampuh dalam membasmi berbagai macam jenis virus/worm dan variannya, baik virus luar maupun virul lokal. Saat ini tercatat lebih dari 7.772 jenis yang dapat dideteksi dan dipulihkan oleh PCMAV. PCMAV adalah perangkat lunak antivirus buatan PCMedia, sebuah majalah komputer Indonesia. Beroperasi dibawah sistem operasi Microsoft Windows (XP/Vista/7 keatas).

Dikarenakan menggunakan bahasa pemrograman Delphi, menjadikannya  berbeda dengan antivirus standar industri sejenis yang biasanya menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual C++. Untuk virus database-nya sendiridikarenakan virus database internal-nya masih sedikit, PCMAV juga memanfaatkan penggunaan alternatif database dari ClamAV sebagai database tambahan eksternal.

Keunggulan PCMAV
Dibandingkan antivirus global, PCMAV yang cenderung lokal mempunyai akurasi pendeteksi yang lebih tinggi untuk virus yang beredar di Indonesia, sehingga lebih handal dalam mengembalikan file, dokumen dan sistem yang menjadi sasaran serangan virus. Disamping itu PCMAV juga menyediakan modul terpisah yanng lebih dikenal dengan PCMAV Express untuk pembersihan virus tertentu. contohnyaPCMAV Express for Conficker.


Fitur

a. Real-time Protection adalah fitur canggih yang dapat mencegah malware aktif pada memory. Meskipun tanpa perlu melakukan proses scan secara manual,fitur ini mampu mendeteks malware dan juga mencegat aktif di memory sehingga komputer tidak terinfeks.
b. Link Protector adalah fitur yang dapat memberikan perlindungan pengguna saat berinternet. Fitur ini mampu mencegat website berbahaya yang memiliki potensi menyebarkan malware hingga tindakan phising.
c. Block Program on the USB/Card adalah fitur untuk yang tidak ingin kecolongan malware yang aktif dari USB flah/card, gunakan fitur untuk mencegah malware yang belum dikenali.
d. CatchCrypted adalah fitur yang dapat mengenali dan mencegat file-file yang menyamarkan diri dengan teknik enkripsi/kompresi menggunakan packer tertentu agar tidak mudah dibongkar.
e. AntiKeystroke adalah fitur yang dapat mencegat secara real-time perekaman tekanan tombol keyboard yang dilakukan oleh sebagian besar program keylogger yang banyak beredar saat ini.
f. Auto Scan Removable Disk dengan pelapis pertahanan untuk mendeteksi malware yang banyak menyebar melalui media removable disk.
g. Normalisasi Sistem dengan mengembalikan settingan registry dan file sistem penting Windows yang telah "rusak" baik oleh virus maupun akibat penggunaan lain.
h. Normalisasi File/Berkas dengan mengembalikan folder, file atau dokumen yang disembunyikan (hidden) atau terinfeksi oleh virus.
i. Pendeteksian Cepat dengan algoritma dan ukuran virus database yang relatif kecil dan didukung teknologi multi-thread memungkinkan mempercepat pendeteksian. 
j. Silent Game Mode berguna jika komputer sedang digunakan untuk kegiatan seperti bermain game.
k. Ignore List untuk melewatkan folder/file tersebut dari proses scan jika memiliki folder/file yang diyakini bebas virus dan bukan merupakan malware.
l. Mendukung Proxy untuk mendukung penggunaan update otomatis melalui proxy yang banyak digunakan pada lingkungan kantor/institusi.
m. Scan Archives untuk mendeteksi malware yang tersembunyi dibalik kompresi ZIP/RAR.
n. Update untuk memperbarui file database dengan cara memeilih tombol update pada menu di program
o. Context Menu adalah menu "Scan with PCMAV" yang tampil pada saat klik kanan folder/file pada Windows Explorer juga diimprovisasi sehingga kita dapat melakukan scan satu atau beberapa folder sekaligus, dengan cara menyorot folder/file yang diinginkan, klik kanan dan pilih "Scan with PCMAV". Contex menu ini tampil selama PCMAV aktif di system tray.us
p. Submit Virus. Virus ataupun file yang dicurigai dapat diupload melalui sebuah website khusus yang telah dipersiapkan. Website ini dapat diakses dengan memilih menu Submit Virus pada system tray.

Persyaratan Sistem
Sistem Operasi                  : Windows XP (32-bit/64-bit), Vista (32-bit/64-bit), Windows 7 (32-bit/64-bit), Windows 8 (32-bit/64-bit).
Processor                           : 1000 MHz Pentium atau yang lebih tinggi.
RAM                                     : 512 MB minimal, rekomendasi 1 GB atau yang lebih tinggi.
Space kosong hard drive : 85 MB (bersama dengan ClamAV)



Sumber Bacaan : Wikipedia Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar