Berlari

Berlari
Berlarilah seperti kuda, semangaaat!

Senin, 07 Juli 2014

Macromedia FreeHand MX



Dengan berkembangnya teknologi, sekarang ini banyak tersedia software yang dapat digunakan dalam dunia pendidikan. Software-software tersebut menunjang kemudahan dalam bidang pendidikan tertentu. Salah satunya adalah software yang dapat digunakan dalam pendidikan seni terutama seni grafis. Software yang dimaksud adalah Macromedia FreeHand MX. Macromedia FreeHand adalah aplikasi komputer untuk membuat grafis vektor 2 dimensi (penggunaan lambang geometris seperti titik, garis, lengkung dan poligon untuk mempresentasikan gambar, dikenal dengan pemodelan geometris)
 Sebagai sebuah aplikasi yang fleksibel, FreeHand sering digunakan untuk pembuatan sistem layout halaman, pembuatan dan pengeditan grafik vektor untuk printing dan web. Software ini biasa digunakan oleh para designer untuk mendesain logo baik perusahaan maupun kelompok dan perorangan (mahasiswa jurusan desain grafis/DKV). Software ini juga bisa digunakan untuk membuat setting brosur, kartu nama, undangan yang dipadukan antara gambar yang besifat garis dan bitmap (image). 

Cara Kerja dengan FreeHand MX 
Inilah tampilan pertama yang muncul ketika kita menjalankan FreeHand MX

Area Kerja
Inilah gambar tampilan halaman aplikasi Macromedia FreeHand MX dengan pembagian dan fungsi masing-masing


Jika Program sudah terbuka, seperti aplikasi lainnya kita harus membuat lembar kerja baru dengan klik pada menubar File > New atau dengan Shortcut keyboard Ctrl + N seperti gambar di bawah ini


Setelah itu akan muncul halaman baru dimana terdapat area kerja yang nanti menjadi tempat kita bekerja seperti pada gambar di bawah ini.


Pada dasarnya ukuran unit default pada Macromedia FreeHand adalah satuan point, untuk itu kita perlu merubah satuan point tersebut dengan satuan yang mudah kita menegrti yang nantinya kita terapkan pada obyek-obyek yang kita pakai. Misalnya satuan milimeter atau centimeter, untuk merubahnya kita cukup klik panel yang terdapat dibagian bawah tampilan. Seperti pada gambar dibawah ini.


Jika  tahap di atas sudah kita lakukan, tahap berikutnya adalah mengatur ukuran halaman yang nantinya menjadi area output jika kita ingin print hasil kerja kita di macromedia FreeHand. Untuk mengetahui ukuran area kertas yanng sudah ada, kita cukup klik panel Document yang terdapat di sebelah kanan atas tampilan seperti gambar di bawah ini.


Jika panel document tidak muncul pada tampilan, kita bisa mengaktifkannya dengan klik menubar Windows > Document seperti gambar di bawah ini.


Setelah tahapan tersebut kita laui, maka barulah kita dapat memulai proses pembuatan sebuah desain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar