Berlari

Berlari
Berlarilah seperti kuda, semangaaat!

Senin, 28 Juli 2014

DIGITAL BOOK


Buku elektronik (disingkat Buku-e atau ebook) atau buku digital adalah versi elektronik dari buku. Buku pada umumnya terdiri dari kumpulan kertas yang berisikan teks atau gambar, buku elektronik berisikan informasi digital yang juga dapat berbentuk teks atau gambar.Di Era digital seperti sekarang ini, buku elektronik diminati karena ukurannya yang kecil bila dibandingkan dengan buku kertas, dan juga umumnya memiliki fitur pencarian, sehingga kata-kata dalam buku elektronik dapat dengan cepat dicari dan ditemukan. E-book adalah buku yang dipublikasikan dalam format digital berisi tulisan, gambar yang dapat dibaca melaui perangkat komputer atau perangkat digital lainnya. E-Book adalah salah satu teknologi yang memanfaatkan komputer untuk menayangkan informasi multimedia dalam bentuk yang ringkas dan dinamis. E-Book mampu mengintegrasikan tayangan suara, grafik, gambar, animasi, maupun movie sehingga informasi yang disajikan lebih kaya dibandingkan dengan buku konvensional. Setidaknya kelebihan inilah yang menjadikan E-Book mulai digemari.

Terdapat berbagai format buku elektronik yang populer, antara lain adalah teks polos, pdf, jpeg, dot lit dan html. Masing-masing format me

miliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan juga bergantung dari alat yang digunakan untuk membaca buku elektronik tersebut.

Kelebihan buku digital
1. E-book lebih praktis dan mudah dibawa. E-book adalah buku digital sehingga tidak memerlukan wadah penyimpanan dalam bentuk fisik.
2.   E-book ramah lingkungan. E-book tidak memerlukan penebangan pohon karena tidak dicetak dikertas, sehingga pohon bisa terjaga kelestariannya.
3.   E-book tahan lama. E-book tidak akan lapuk, menguning atau rusak termakan usia, selama menyimpan dengan baik di komputer dan menggunakan software anti virus.
4.  E-book lebih simpel. Kita tak butuh lagi tas besar untuk membawa buku kemanapun kita pergi, cukup memiliki e-book readers untuk menyimpan dan membawanya kemanpun.
5.  E-book lebih murah. E-book tidak perlu proses pencetakan sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar, bahkan untuk memperbanyakpun cukup dengan mengcopy.
6. E-book lebih portable. Dimanapun dan kapanpun kita bisa membaca e-book selama ada laptop, tablet atau hand phone.

Jenis format buku digital
Berikut ini beberapa format yang tersedia untuk buku dalam format digital
   a. AZW (Amazon World) Sebuah format proprietary Amazon, yang menyerupai format MOBI yang kadang-kadang dengan atau tanpa menyertakan Digital Rights Management (DRM). DRM pada format ini dikhsuskan untuk Kindle Amazon.
     b. EPUB (Electronic Publication). Format terbuka didefinisikan oleh forum OPen digital book dari International Digital Publishing Forum (idpf).
    c. KF8 (Format Kindle Fire) dari Amazon. Hal ini pada dasarnya sama dengan prinsip ePub yang disusun dalam pembungkus Palm File Database (PDB) dengan Digital Right Management (DRM) milik Amazon.
    d. MOBI (format MobiPocket), ditampilkan menggunakan perangkat lunak membaca sendiri. MobiPocket tersedia pada hampir semua PDA dan Smartphone. Kindle menampilkan format mobipocket juga.
    e. PDB (Palm file database). Pada umumnya digunakan untuk buku digital berformat PalmDOC (AportisDoc) dan format eReader juga.
   f. PDF (Portable Document Format), yang diciptakan oleh Adobe untuk produk Acrobat mereka. Format ini secara tidak langsunng merupakan format yang digunakan untuk pertukaran dokumen. dukungan perangkat lunak untuk format.
   g. PRC (Palm Resource File), sering menyertakan alat baca Mobipocket tetapi kadang-kadang menyertakan eReader atau alat baca AportisDoc.
     h. HTML (Hyper Text Markup Language) adalah tulang punggung dari World Wide Web. Banyak teks yang didistribusikan dalam format ini.
    i. CHM (Compresser HTML), sering digunakan untuk file bantuan Windows. Hal ini telah menjadi sangat populer untuk distribusi teks dan bahan pendukung lainnya melalui Web.
      j. XHTML. Versi khusus dari HTML dirancang agar sesuai dengan aturan konstruksi XML. ini adalah format standar untuk data epub.
     k. XML. Tujuan umum markup language untuk pertukaran data. Dalam konteks digital book umumnya terbatas pada XHTML dan RSS feed meskipun beberapa format lain yang telah ditetapkan.

Berdasarkan jenisnya E-book paling sederhana adalah yang sekedar memindahkan buku konvensional menjadi bentuk elektronik yang ditayangkan oleh komputer. Dengan teknologi ini, ratusan buku dapat disimpan dalam satu keping cakra padat (compact disk) dengan kapasitas sekitar 700MB, DVD atau digital versatile disk (kapasitas 4,7 sampai 8,5 GB) maupun flashdisk (saat ini kapasitas yang tersedia sampai 32 GB). Bentuk yang lebih kompleks dan memerlukan rancangan yang lebih cermat misalnya pada microsoft Encarta dan Enclyclopedia Britannica yang merupakan ensiklopedi dalam format multimedia. Format multimedia memungkinkan e-book menyediakan tidak saja informasi tertulis tetapi juga suara, gambar, movie dan unsur multimedia lainnya. Penjelasan tentang satu jenis musik misalnya, dapat disertai dengan cuplikan suara jenis musik tersebut sehingga pengguna dapat dengan jelas memahami apa yang dimaksud oleh penyaji.



             penyaji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar