Berlari

Berlari
Berlarilah seperti kuda, semangaaat!

Senin, 05 Mei 2014

Resume Perkuliah ke-1 Multimedia Pembelajaran

DR. IRWANTO,  MT.
Dosen Mata Kuliah Multimedia Pembelajaran

Perkuliahan pertama mata kuliah Multimedia Pembelajaran
Hari Jum'at tanggal 28 Maret 2014 Jam 13.30 s.d. 15.30

Pada perkuliahan pertama ini DR Irwanto, MT. memaparkan garis besar rencana perkuliah selama satu semester, termasuk tugas apa saja yang harus kami kerjakan, Referensi apa yang harus kami baca serta jadwal pekuliahan lengkap dengan materi yang akan dibahas.

Adapun materi selanjutnya yang disampaikan adalah sebagai berikut :

Dalam Peraturan Pemerintah No. 19 tentang Standar Pendidikan Nasional disebutakan ada sembilan standar pendidikan di Indonesia yaitu: standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaa, dan standar penilaian pendidikan.
Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan tentu saja guru perlu mencari cara yang terbaik dalam pelaksanaan pembelajarannya. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan memilih media yang menunjang keberhasilan pembelajaran. Dengan media yang menarik siswa akan termotivasi untuk meningkatkan prestasi belajarnya.

Apa yang dimaksud dengan Media?
Media adalah alat yang digunakan.
Contoh : Media ==> papan tulis
              Multimedia ==> Ada suara, tulisan, audio, visual, dll.
Pengertian Media adalah Merupakan segala benda yang dimanipulasi, dilihat, didengar, dibaca atau dibicarakan beserta instrumen yang digunaklan
Media Pembelajaran
Secara harpiah artinyanya perantara atau pengantar
Media pembelajara adalah sarana untuk meningkatkan kualitas proses kegiatan belajar mengajar (pembelajaran).

Ciri utama media : Suara, Visual, Gerak.
Klasifikasi media :
- Audio visual gerak/diam
- Visual gerak/diam
- Audio
- cetak.

Pertimbangan pemilihan media
1. Tujuan yang ingin dicapai
2. Katakteristik siswa/sasaran.
3. Jenis rangsangan pelajar yang diinginkan (audio, visual, gerak)
4. Keadaan lingkungan setempat.
5. Luasnya jangkauan yang ingin dilayani

Perkembangan media dalam pembelajaran
       Alat                                                  Offline                                                    Online
  • Teks                       Buku, Majalah, Surat kabar, Jurnal          E-book, E-magazine, E-news, E-jurnal 

  • Suara                      Tape player/recorder                               Radio, telepon

  • Photo, gambar,        Slide projektore                                                                                                  teks.

  • Film, Suara,              Film projector, video player/                             Televisi                                teks                         recorder

  • Multimedia               Komputer                                                         Internet
Kontribusi Media dalam Pembelajaran
a. Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar.
b. Pembelajaran dapat lebih menarik
c. Pembelajaran menjadi lebih interaktif denga menerapkan teori belajar
d. Waktu pelakasanaan pembelajaran dapat diperpendek
e. Kualitaspembelajaran dapat ditingkatkan.

Multimedia Pembelajaran 
Sebagai presentasi materi dengan menggunakan kata-kata dan gambar. Kata merupakan materi yang disajikan dalam bentuk verbal. Gambar merupakan materi yang disajikan dalam bentuk gambar, misalnya grafik statis (photo, grafik) dan bentuk grafik dinamis (Animasi, Video).

Unsur-Unsur Multimedia Pembelajaran
1. Teks, dapat disajikan dalam bentuk font dalam berbagai ukuran
2. Gambar, merupakan salah satu unsur terpenting dalam multimedia
3. Animasi, Pembentukan gambar dari berbagai media atau objek yang divariasikan dengan gerakan, transisi, efek-efek juga suara yang selaras dengan gerakan animasi.
4. Audio, Media yang unik dibandingkan dengan media lain yang menjadi unsur multimedia
5. Video, unsur multimedia paling kompleks karena penyampaian informasi yang lebih komunikatif dibandingkan gambar biasa.

Karakteristik Multimedia Pembelajaran
1. Memiliki lebih dari satu media yang konvergen
2. Bersifat interaktif
3. Bersifat mandiri

Fungsi Multimedia Pembelajaran
1. Memperkuat respon
2. Siswa dapat mengontrol laju kecepatan belajar
3. Sistematis
4. Partisipasi dalam bentuk respon.

Format Multimedia Pembelajaran
1. Tutorial
2. Drill & Practise
3. Simulasi
4. Percobaan atau eksperimen

Multimedia Pembelajaran (MP)
MP terdiri dari dua kategori yaitu :
1. Multimedia Linier, yaitu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat kontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pemakai, multimedia ini berjalan sekuensial.
Contoh : TV, Film.
2. Multimedia Interaktif, yaitu multimedia yang sudah dilengkapi dengan alat kontrol yang dapat digunakan oleh pemakai sehingga pemakai dapat memilih apa yang dikehendakinya untuk proses selanjutnya.
Contoh : Aplikasi game.

Tiga Hasil Pembelajaran MP
1. Tidak ada pembelajaran sama sekali
2. Pembelajaran yang buruk
3. Pembelajaran yang penuh makna.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar