Berlari

Berlari
Berlarilah seperti kuda, semangaaat!

Rabu, 14 Mei 2014

INTERNET DAN PENDIDIKAN

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi mendorong setiap lapisan masyarakat dituntut untuk dapat menggunakan teknologi tersebut dengan maksimal. Tidak hanya untuk elemen masyarakat secara luas, di dalam dunia pendidikan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) mempunyai peranan penting, seperti adanya televisi dan radio yang bersifat edukatif.
Tetapi televisi dan radio tersebut mempunyai sifat komunikasi yang linier, tidak interaktif sehingga diperlukan teknologi lain yang dapat menunjang pendidikan msayarakat seperti hadirnya teknologi komputer.
Komputer sebagai media sangat diperlukan oleh masyarakat karena dengan berkembangnya teknologi ini maka proses informasi pun akan semakin berkembang. Masyarakat mulai usia sekolah dasar dibekali pendidikan untuk dapat menggunakan komputer. Inilah yang membuat Teknologi Informasi dan Komunikasi mempunyai peranan penting dalam kemajuan pendidika di Indonesia.

Munculnya internet sebagai medium massa besar membawa banyak pengaruh dalam proses penerimaan informasi. Internet menjadi salah satu elemen penting dalam perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya untuk sektor pendidikan.

Sekarang ini penggunaan internet tidak hanya menjawab kebutuhan masyarakat untuk berkomunikasi saja tetapi internet juga mempunyai peranan penting dalam menunjang kemajuan pendidikan. Para pelajar dari usia tingkat pendidikan dasar sudah diperkenalkan dengan teknologi komputer yang kemudian dikembangkan lagi dengan keterampilan penggunaan internet. Tetapi jaringan internet yang ada di Indonesia belum merata, oleh karena itu penyerapan informasi maupun pembagian informasi memalui internet untuk pendidikan belum seimbang, terutama untuk para pelajar maupun pendidik di daerah terpencil.

Sistem komunikasi dan informasi sangat diperlukan sebagai salah satu komponen penunjang aktivitas pendidikan.

Ketika internet belum ada, maslah utama yang dirasakan oleh guru atau pendidik (hampir diseluruh negara di dunia) adalah akses ke sumber informasi. Denga adanya internet memungkinkan dunia pendidikan mengakses sumber informasi yang banyak tersedia.
Internet sebagai media pembelajaran tentu mempunyai peran yang tidak sedikit, diantaranya adalah sebagai salah satu media terbesar di dunia internet bisa digunakan sebagai pendorong majunya pendidikan di masa depan, sebagai sumber data dan informasi juga sebagai sarana pertukaran data dan informasi.

Sebagai sumber informasi, internet menyimpa berbagai jenis sumber informasi dalam jumlah yang tidak terbatas. Bidang apapun yang kita minati tersedia informasinya  di internet. Hal ini dapat digunakan pembelajar untuk mencari bahan ajar yang menjadi topik dalam KBM di sekolah. Selain sebagai sumber data dan informasi, interet juga berperan sebagai sarana pertukaran data dan informasi, hal ini memotivasi pembelajar untuk dapat sharing dengan pembelajar di seluruh dunia yang dampaknya dapat menumbuhkan keingintahuan dan rasa percaya diri yang lebih tinggi.

Internet sebagai media pendidikan mempunyai karakteristik yang khas, yaitu
a. Sebagai media interpesonal dan massa
b. Bersifat interaktif
c. Memungkinkan komunikasi secara bebas.

Adapun manfaat kehadiran internet bagi dunia pendidikan diantaranya adalah
1. Mempercepat dan mempermudah transfer ilmu pengetahuan dan teknologi
2. Proses pembelajaran lebih menarik. Melalui internet pembelajaran tidak monoton dan jenuh karena dalam internet ada hal-hal baru yang variatif dan inovatif.
3. Mendorong siswa untuk lebih aktif mencari ilmu pengetahuan dan informasi
4. Meempermudah penjelasan konsep. Selama ini dalam materi atau bahan pelajaran disampaikan banyak melalui metode ceramah. Dengan adanya internet, guru bisa menyampaikan konsep atau materi secara audiovisual. Pelajaran lebih nyata dan jelas, sehingga mempermudah pemahaman siswa. Hal ini dapat menghindari kebingungan pada diri siswa saat proses pembelajaran berlangsung.
5. Pembelajaran lebih konseptual dan up to date (aktual).
6. Mempermudah dan mempercepat administrasi pendidikan. Pelaksanaan proses pendidikan harus diusahakan lebih praktis dan cepat. Guru tidak terlalu disibukkan urusan administrasi yang berbelit-belit, sehingga konsentrasi lebih tertuju pada proses pembelajaran.
7. Sebagai perpustakaa elektronik.
8. Mempercepat dan mempermudah komunikasi edukatif antara guru dengan siswa.

Sistem komunikasi dan informasi sangat diperlukan sebagai salah satu komponen penunjang aktivitas pendidikan.

Oleh karena hal-hal tersebut maka pemerintah melalui Kementrian Pendidikan Nasional Indonesia mempunyai komitmen untuk menyediakan jaringan dan komunikasi di hampir seluruh sekolah yang ada di Indonesia. Program tersebut bernama Jardiknas Schoolnet (Jejaring Pendidikan Nasional). Dengan program ini diharapkan mutu pendidikan di Indonesia akan meningkat.



1 komentar: