Berlari

Berlari
Berlarilah seperti kuda, semangaaat!

Sabtu, 31 Mei 2014

JAWABAN UTS TEKNOLOGI INFORMASI





1. a. Pengertian Teknologi Informasi
teknologi informasi adalah studi atau peralatan elektronika terutama komputer untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi apa saja termasuk kata-kata, bilangan dan gambar (kamus Oxpord, 1995).
Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melaksanakan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi (Haag & Keen, 1996)

1.b. Perkembangan Teknologi Informasi

Perkembangan teknologi yang secara nyata memberi sumbangan terhadap perkembangan Teknologi Informasi dan Komputer hingga saat ini. Pertama yaitu temua telepon oleh Graham Bell pada tahun 1875. Pada abad ke-20 sekitar tahun 1910-1920 terwujud sebuah transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang pertama. Komunikasi suara tanpa kabel ini segera berkembang pesat yang diikuti oleh transmisi audio-visual tanpa kabel, yang berwujud siaran televisi pada tahun 1940.Komputer elektronik pertama beroperasi pada tahun 1943. Lalu diikuti oleh tahapan miniaturisasi komponen elektronik melalui penemuan transistor pada tahun 1947 dan rangkaian terpadu pada 1957. Digitalisasi perangkat telekomunikasi kemudia berkonvergensi dengan perangkat komputer. Produk hasil konvergensi inilah muncul bentuk telepon seluler. Di atas infrastruktur telekomunikasi dan komputasi ini isinya berupa Multimedia.

1.c. Pengelompokan Teknologi Informasi

Teknologi Informasi dapat dikelonpokkan menjadi enam kelompok teknologi yaitu :
- Teknologi Komunikasi
- Teknologi masukan (input technology)
- Teknologi Keluaran (Output Technology)
- Teknologi Perangkat Lunak (Software Technology)
- Teknologi Penyimpan (Storage Tachnology)
- Teknologi Mesin Pemroses (Processing Machine Technology)

1.d. Komponen Teknologi Informasi




Ada lima macam komponen Teknologi Informasi yaitu :
- Hardware (perangkat keras)
- Software (perangkat lunak)
- Infoware
- Fireware
- Brainware


1. e.Klasifikasi Teknologi Informasi
Sistem Teknologi Informasi dapat dibedakan dengan berbagai cara pengklasifikasian. Misalnya, menurut fungsi sistem (embedded IT System, dedicated IT System, dan general purpose IT System, menurut departeman atau perusahaan bisnis (sistem informasi akuntansi, sistem informasi pemasaran, sistem informasi produksi, dll). menurut dukungan terhadap level managemen dalam perusahaan ( sistem pemrosesan transaksi, sistem pendukung keputusan dan sistem informasi eksekutif), menurut ukuran dan menurut cara melayani permintaan ( klien-server).

1.f. Peran dan manfaat Teknologi Informasi dalam dunia pendidikan.


Teknologi informasi khususnya internet ikut berperan dalam menciptakan e-leraning atau pendidikan jarak jauh. Belajar tidak lagi harus dilakukan di kelas, tetapi dari mana saja, sepanjang komputer yang digunakan bisa terhubung ke internet. Bahkan, seseorang bisa kuliah di universitas yang berada di negara lain tanpa harus tinggal di negara bersangkutan.

Soal No 3
Pengertian Perangkat keras
Hardware atau perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alatnya bisa dilihat dan diraba secara langsung. dan sebagai alat komputerisasi.
Contoh : Monitor. Monitor berfungsi sebagai alat output yaitu tempat untuk mengeluarkan hasil proses yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh pemakai komputer.











Soal No. 4 

Perangkat Lunak adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah.
Contoh : Windows. Windows adalah perangkat lunak sistem operasi. yaitu program yang ditulis untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan sistem komputer.      


Soal No. 5


Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi.
Multimedia pada perkembangan sekarang ini juga dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Di dunia pendidikan, multimedia digunkana sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri atau otodidak.         

Soal No. 6


Internet  kependekan dari interconnection-networking adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem globalTransmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan"). Dalam dunia pendidikan internet sangat berguna bagi pendidikan di indonesia dan mempermudah pelajar mencari pengetahuan yang belum diketahui dan juga dapat digunakan sebagai sarana virtual seperti e-learning.

Soal No. 2
 a. Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan (Wikipedia. Indonesia).

b. Sistem komputer adalah  suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi). Selain itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer.

c. Komputer dan Dunia Pendidikan
    Dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran pendidik dapat memiliki variasi mengajar dengan menggunakan komputer. Selain itu kemampuan belajar sswa dapat meningkat dengan adanya fasilitas komputer. Dampak lainnya adalah kecerdasan psikomotorik siswa dapat terangsang dengan adanya pendidikan yang berbasis komputer.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar